GKRIDC.COM © 2019

Konser Etnik Batak:

Minggu Trinitas

Anugerah – Kasih – Persekutuan

2Korintus 13:13


Penulis: Redaksi | pada 21 Juni 2019 03:00 | 89x dibaca | komentar

“Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, dan kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus menyertai kamu sekalian” (2Korintus 13:13)

Ayat penutup surat Paulus kepada jemaat di Korintus ini merupakan ucapan berkat sang rasul, yang berisi penegasan doktrin Trinitas, bahwa Bapa, Anak, dan Roh Kudus itu memang berbeda, tetapi pada hakikatnya adalah satu.

Ucapan berkat ini diawali dengan kata “kasih karunia” atau “anugerah” (Yunani: kharis) dan melekat pada Kristus. Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa bukan “kasih” (Yunani: agapē) yang melekat pada Allah, yang disebutkan pertama kali?

“Kasih karunia” atau juga “anugerah” (Yunani: kharis) disebutkan pertama kali, sebab kita memang tidak dapat sampai kepada “kasih” Allah (Yunani: agapē) tanpa anugerah Kristus, dan dalam naungan anugerah dan kasih itu, kita semua dipersatukan dalam “persekutuan” (Yunani: koinōnia) oleh Roh Kudus.

Menariknya di sini, bahwa “anugerah”, “kasih” dan “persekutuan” itu tidak hanya melekat pada ketrinitasan Allah, tetapi juga “menyertai” atau “ada bersama-sama” (Yunani: meta) semua orang percaya. Artinya, setiap orang percaya juga seharusnya memancarkan “anugerah”, “kasih” dan “persekutuan” dimana pun ia berada.

Anugerah atau kharis tercermin dari adanya “kebaikan” dalam diri kita di dalam menyikapi segala sesuatu. Selanjutnya penuh “kasih” dalam perkataan maupun perbuatan, dan pada akhirnya adalah semangat untuk membawa “damai sejahtera”, yang tentu saja diwujudnyatakan dalam “persekutuan” yang baik dan penuh kasih.

Darimana kita bisa memulai? Mulailah dari dalam keluarga kita sendiri! Wujudnyatakanlah kebaikan, kasih dan damai sejahtera itu untuk memperkuat ikatan keluarga kita, sehingga kita dapat menikmati keindahan penyertaan Allah di dalamnya. Amin!

 

Refleksi:

  • Kebaikan apa yang senantiasa Anda upayakan bersama dalam keluarga Anda?
  • Bagaimana Anda membagikan kasih kepada seluruh anggota keluarga Anda?
  • Bagaimana Anda mengupayakan damai sejahtera terjaga di dalam keluarga Anda?

Penulis

author image
Redaksi

Redaksi GKRIDC.com adalah tim penulis yang bertanggung jawab melakukan penyuntingan naskah untuk website ini


ARTIKEL LAINNYA
POPULER MINGGU INI
DAPATKAN UPDATE

KATEGORI