GKRIDC.COM © 2019

Konser Etnik Batak:

Minggu Trinitas

Dalam Satu Nama

Matius 28:19


Penulis: Redaksi | pada 16 Juni 2019 04:00 | 94x dibaca | komentar

“...dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus” (Matius 28:19b)

Frasa “dalam nama” pada ayat ini diterjemahkan dari bahasa Yunani: eis to onoma, dimana kata onoma (nama) di sini berbentuk singular/ tunggal, tetapi kemudian diikuti oleh tiga kata benda: Patros (Bapa), Huios (Anak), dan Hagiou Pneumatos (Roh Kudus).

Banyak rumusan dibuat oleh para teolog gereja untuk menjelaskan konsep ini, yang pada akhirnya hanya terjebak pada “ketigaan” Bapa, Anak dan Roh Kudus di satu sisi, atau pada “keesaan” nama di sisi lain. Konsep ini tidak akan tuntas dijelaskan dengan doktrin “monoteisme”, apalagi “triteisme” atau “politeisme”.

Maka, gereja merumuskannya dengan istilah “trinitas”, yang penjelasannya dianggap “misteri”, tetapi bukan misteri untuk dipecahkan, melainkan misteri diresapi dalam iman dan praksis sehari-hari, sama seperti kita menghayati dalam kekaguman akan kemuliaan Tuhan kita. Betapa dahsyatnya Tuhan yang tak terselami akal manusia itu! Seperti kita mengagumi sebuah mahakarya, yang kita sendiri tidak pernah tahu bagaimana itu bisa dihasilkan.

Pada akhirnya kita tiba pada satu pertanyaan, “kepuasan apa yang kita dapat ketika kita merasa mampu memahami ‘misteri’ itu?”, sementara Allah Yang Trinitas itu terus menari di luar akal manusia, dan sebenarnya kita belum sampai pada titik “paham” yang sesungguhnya.

Jadi, tidak ada kepuasan yang lebih memuaskan dalam hal pemahaman kita akan Allah, selain kita tetap menyelam dalam lautan “misteri” itu. Sebab, semakin kita tidak bisa menjelaskan, semakin kita kagum akan kedahsyatan misteri itu. Amin!

Refleksi:

  • Resapilah kemuliaan Tuhan kita dalam segala misteri yang mengitari-Nya, niscaya Anda akan semakin kagum pada Dia, Yang melampaui akal kita!

Penulis

author image
Redaksi

Redaksi GKRIDC.com adalah tim penulis yang bertanggung jawab melakukan penyuntingan naskah untuk website ini


ARTIKEL LAINNYA
POPULER MINGGU INI
DAPATKAN UPDATE

KATEGORI