GKRIDC.COM © 2019

Konser Etnik Batak:

Kamis Putih


Penulis: Yosi Rorimpandei | pada 18 April 2019 18:50 | 308x dibaca | komentar

Kamis Putih juga dikenal dengan sebutan Kamis Suci, Kamis Perjanjian, Kamis Agung dan Suci, Kamis Misteri atau di gereja-gereja berbahasa Inggris lebih dikenal dengan sebutan Maundy Thursday. Kamis Putih merupakan hari dimana umat Kristen memperingati saat dimana Yesus mengadakan perjamuan terakhir bersama murid-murid-Nya, sebelum Ia ditangkap dan disalibkan.

Sebutan Maundy Thursday dalam bahasa Inggris dipercaya berasal dari kata Latin: mandatum (perintah) untuk merefleksikan perkataan Yesus, “Aku memberikan perintah baru kepada kamu” (Yohanes 13:34).

Kamis Putih menjadi penanda dimulainya Triduum Paska atau Tri Hari Suci, yaitu suatu periode untuk memperingati penderitaan, kematian dan kebangkitan Yesus. Pada malam hari di hari Kamis Putih biasanya diadakan ibadah Perjamuan Tuhan atau Perjamuan Kudus. Pada malam ini juga biasanya para pendeta membasuh kaki jemaat sebagaimana Yesus membasuh kaki murid-murid-Nya.

Kamis Putih disebut juga Kamis Misteri karena adanya peringatan akan Misteri Iman: Pertama, Yesus membasuh kaki murid-murid-Nya, mengajarkan kita akan pentingnya pelayanan dengan kerendahan hati; Kedua, Yesus memberikan perintah baru supaya kita saling mengasihi seperti Ia telah mengasihi kita; dan Ketiga, Perjamuan Kudus, dimana Yesus menyerahkan tubuh dan darah-Nya sebagai kurban penebusan dosa bagi kita.

Beberapa peringatan lain yang sering dikaitkan dengan Kamis Putih adalah peristiwa ketika perempuan meminyaki Yesus dan mengusapnya dengan rambutnya. Selain itu, Kamis Putih juga sering dikaitkan dengan peringatan pengkhianatan yang dilakukan Petrus dan Yudas Iskhariot.

Pada Kamis Putih kita juga mengenang sengsara maut Yesus di Taman Getsemani, ketika Ia meneteskan butir-butir keringat darah sementara Ia berdoa.

Baca juga:

Penulis

author image
Pdt. Yosi Rorimpandei

Penulis adalah Pendeta di GKRIDC dan memiliki pengalaman dalam pelayanan dan pengajaran Kristen


ARTIKEL LAINNYA
POPULER MINGGU INI
DAPATKAN UPDATE

KATEGORI