GKRIDC.COM © 2019

Konser Etnik Batak:

Karunia yang Paling Utama

1Korintus 12:31


Penulis: Redaksi | pada 28 Juni 2019 05:00 | 368x dibaca | komentar

“Jadi berusahalah untuk memperoleh karunia-karunia yang paling utama. Dan aku menunjukkan kepadamu jalan yang lebih utama lagi” (1Korintus 12:31)

Karunia Roh memang diberikan pada dasarnya menurut kehendak Roh, bukan kehendak kita. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi kita untuk meminta karunia kepada Tuhan. Hanya saja, Paulus mengingatkan di sini bahwa yang terpenting adalah apa yang memotivasi kita untuk memintanya.

Motivasi utama dalam memperoleh karunia Roh bukanlah untuk show off atau memamerkan diri, tetapi untuk menolong kita agar lebih mudah dalam menjalankan tugas pelayanan kita.

Itulah sebabnya, pada pasal 13, Paulus menguraikan apa yang ia sebut “jalan yang lebih utama” itu, yaitu “kasih” (agapē). Bahkan pada pasal 14 ia memberikan contoh perbandingan antara karunia nubuat dan bahasa roh. Kedua karunia itu sama-sama penting, tetapi yang membedakannya adalah manfaatnya dalam persekutuan.

Karunia roh lebih bermanfaat bagi diri sendiri, dan sama sekali tidak ada manfaatnya bagi persekutuan jika tidak ada yang bisa menafsirkannya. Sebaliknya, karunia bernubuat bermanfaat bagi semua, tidak saja bagi diri sendiri, tetapi juga bagi seluruh anggota persekutuan. Karenanya, Paulus lebih memilih mengejar karunia bernubuat, daripada bahasa roh.

Jadi, yang dibutuhkan di sini adalah kepekaan kita terhadap kebutuhan bersama, bukan keegoisan kita untuk mengejar kebutuhan pribadi. Karunia yang paling utama bukanlah bermaksud membuat hirarki di antara karunia-karunia yang ada, tetapi dasar penentuan “yang paling utama” adalah seberapa besar dampak dan impaknya dalam persekutuan bersama.

Allah lebih memberi kita nilai ketika kita sibuk memikirkan keuntungan bersama, daripada kita sibuk memikirkan keuntungan sendiri. Amin!

Refleksi:

  • Cobalah urutkan karunia-karunia apa saja yang paling dibutuhkan dalam persekutuan dimana Anda melayani atau menjadi anggota?
  • Karunia mana yang ada pada diri Anda?
  • Gunakanlah karunia tersebut untuk menopang persekutuan Anda!

Penulis

author image
Redaksi

Redaksi GKRIDC.com adalah tim penulis yang bertanggung jawab melakukan penyuntingan naskah untuk website ini


ARTIKEL LAINNYA
POPULER MINGGU INI
DAPATKAN UPDATE

KATEGORI