GKRIDC.COM © 2019

Konser Etnik Batak:

Minggu Trinitas

Karya Keselamatan

Roma 5:1-5


Penulis: Redaksi | pada 19 Juni 2019 05:00 | 124x dibaca | komentar

“Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus. 

Oleh Dia kita juga beroleh jalan masuk oleh iman kepada kasih karunia ini. Di dalam kasih karunia ini kita berdiri dan kita bermegah dalam pengharapan akan menerima kemuliaan Allah. 

Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan,  dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan. 

Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita. ” (Roma 5:1-5)

Ketika berbicara tentang keselamatan, tidak sedikit di antara kita yang mungkin terjebak pada pandangan yang kristosentrik atau terpusat pada Kristus, seolah-olah iman Kristen adalah iman Jesus only (hanya karena Yesus). Padahal, Alkitab tidak mengajarkan demikian!

Yesus datang untuk memperkenalkan manusia akan Bapa, Sang Pemberi rahmat dan damai sejahtera. Artinya, Ia berperan sebagai Perantara kita kepada Sumber rahmat dan damai sejahtera itu, yaitu Bapa.

Menjelang dan setelah Yesus wafat di salib, Ia banyak berbicara tentang Roh Kudus, yaitu Roh Penghibur yang akan memberi kekuatan dan juga karunia kepada setiap orang percaya. Roh Kudus akan menuntun kita kepada Kristus, sama seperti Kristus menuntun kita kepada Bapa.

Jadi, dimana kunci pemahaman keselamatan kita? Apakah Bapa, Kristus, atau Roh Kudus?

Apakah Anda memilih Bapa karena Ia adalah puncak dari segala pengenalan iman kita? Kalau begitu, untuk apa Kristus datang, dan untuk apa Roh Kudus ada?

Apakah Anda memilih Kristus karena Ia adalah pusat dari pengenalan iman kita? Tapi, bukankah sudah dikatakan bahwa Ia memperkenalkan kita kepada Bapa?

Apakah Anda memilih Roh Kudus karena Ia adalah yang terakhir diberitakan Kristus? Tapi, Yesus sendiri berkata bahwa Roh Kudus akan berbicara tentang Kristus.

Maka pada akhirnya, kita tidak bisa memisahkan antara Bapa, Anak dan Roh Kudus, sebab ketiganya memang esa! Jadi, karya keselamatan kita bukanlah karya salah satu dari ketiganya, melainkan karya Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus. Amin!

 

Refleksi:

  • Renungkanlah peran Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus dalam keselamatan kita!
  • Refleksikanlah bagaimana sempurnanya karya keselamatan itu dalam perilaku kita sehari-hari!

Penulis

author image
Redaksi

Redaksi GKRIDC.com adalah tim penulis yang bertanggung jawab melakukan penyuntingan naskah untuk website ini


ARTIKEL LAINNYA
POPULER MINGGU INI
DAPATKAN UPDATE

KATEGORI