GKRIDC.COM © 2019

Konser Etnik Batak:

Kehendak Roh

1Korintus 12:8-11


Penulis: Redaksi | pada 27 Juni 2019 05:00 | 193x dibaca | komentar

“Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya” (1Korintus 12:11)

Pemahaman bahwa karunia Roh diberikan oleh Roh Kudus berdasarkan kehendak-Nya amatlah penting bagi setiap orang percaya, sebab dengan begitu, kita disadarkan bahwa karunia itu tidak diberikan atas kehendak kita, melainkan kehendak Roh.

Dengan kata lain, ketika kita memiliki karunia Roh, maka Roh Kuduslah yang mengerjakannya dalam diri kita dengan maksud dan tujuan yang dikehendaki oleh Allah. Kita memperolehnya karena ada maksud Tuhan di dalam perjalanan hidup kita. Pertanyaannya sekarang adalah apakah kita berkenan mewujudkan apa yang Tuhan mau dari diri kita?

Tuhan bisa saja memaksa kita, seperti yang Ia lakukan kepada Musa yang mencoba menolak panggilan Tuhan di Gunung Sinai atau seperti Ia memaksa Yunus yang mencoba lari ke Tarsus. Tetapi, Tuhan lebih berkenan kepada orang-orang yang dengan rela diutus-Nya untuk mewujudkan rencana-Nya.

Yesus Kristus adalah teladan sempurna untuk hal ini. Ia taat sampai mati pada panggilan yang Ia terima, sehingga Allah mengaruniakan-Nya nama di atas segala nama. Dalam Perjanjian Lama, kita bisa juga melihat sosok Abraham, seorang yang tunduk karena iman kepada Allah, sehingga ia disebut “bapak bagi semua orang yang percaya”.

Jangan sia-siakan karunia Roh yang telah Tuhan berikan kepada kita menurut kehendak Roh, sebab semuanya itu bertujuan untuk menolong lebih banyak orang di sekitar kita. Amin!

 

Refleksi:

  • Apakah Anda merasa pernah menyia-nyiakan karunia Roh yang telah Anda terima?
  • Buatlah komitmen untuk tunduk pada kehendak Roh dengan memaksimalkan karunia yang Anda terima bagi pelayanan di ladang Tuhan!

Penulis

author image
Redaksi

Redaksi GKRIDC.com adalah tim penulis yang bertanggung jawab melakukan penyuntingan naskah untuk website ini


ARTIKEL LAINNYA
POPULER MINGGU INI
DAPATKAN UPDATE

KATEGORI