GKRIDC.COM © 2019

Konser Etnik Batak:

Kuasa Roh Kudus

Kisah Para Rasul 1:8; Yohanes 15:26


Penulis: Redaksi | pada 10 Juni 2019 18:10 | 247x dibaca | komentar

“Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi”

“Jikalau Penolong yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku” (Kis. 1:8; Yoh. 15:26)

Kata “kuasa” dalam Kisah Para Rasul 1:8 diterjemahkan dari kata Yunani: dunamis, yang tidak saja menunjukkan kuasa dalam pengertian kemampuan atau kapabilitas, tetapi juga menggambarkan kuasa yang aktif dan bergerak di dalam diri seseorang yang memilikinya.

Itulah sebabnya, salah satu tanda bagi seseorang yang dikuasai Roh Kudus adalah adanya hasrat untuk memberitakan tentang Kristus dimana pun ia berada. Pada ayat ini, Tuhan Yesus dengan jelas memberi suatu target yang besar, yaitu “sampai ke ujung bumi”. Dengan kata lain, pemberitaan tentang diri-Nya tidak akan terbatas oleh ruang, waktu, bahasa atau apapun di dunia ini.

Maka, sebagai orang-orang percaya, yang kepada kita telah dikaruniakan Roh Kudus sebagai kuasa penggerak di dalam diri kita, sudah seharusnya kita terus-menerus dimotivasi untuk bergerak memberitakan tentang Kristus kepada siapapun.

Pemberitaan yang paling jelas dan efektif adalah pemberitaan dengan keteladanan hidup, bukan sekedar melalui kata-kata membujuk. Sebab, diri kita dan hidup kita adalah “surat terbuka” bagi dunia ini. Kitalah kesaksian yang hidup, yang dilihat orang dan dirasakan dampaknya oleh lingkungan dimana kita berada.

Jadi, hiduplah menurut teladan Kristus, maka kehidupan kita akan senantiasa memancarkan Kristus. Amin!

Refleksi:

  • Apakah Anda merasakan adanya motivasi kuat dalam diri Anda untuk memberitakan tentang Kristus?
  • Sadarkah Anda bahwa pemberitaan tentang Kristus dimulai dari sikap Anda untuk meneladani Kristus dalam setiap hidup Anda?
  • Bagaimana Anda mempraktikkan ajaran Kristus mulai dari sikap hidup Anda sehari-hari di rumah, sekolah/ tempat kerja, gereja dan masyarakat Anda?

Penulis

author image
Redaksi

Redaksi GKRIDC.com adalah tim penulis yang bertanggung jawab melakukan penyuntingan naskah untuk website ini


ARTIKEL LAINNYA
POPULER MINGGU INI
DAPATKAN UPDATE

KATEGORI