GKRIDC.COM © 2019

Konser Etnik Batak:

Minggu Trinitas

Kudus, Kudus, Kudus

Yesaya 6:1-8


Penulis: Redaksi | pada 22 Juni 2019 05:00 | 156x dibaca | komentar

“Kudus, kudus, kuduslah TUHAN semesta alam, seluruh bumi penuh kemuliaan-Nya!” (Yesaya 6:3b)

Di dalam liturgi gereja dikenal adanya trisagion, yaitu menyanyikan kata “kudus” sebanyak tiga kali. Dan inilah juga yang disaksikan Nabi Yesaya dalam penglihatannya akan Tuhan Yang Mahakudus. Para Serafim bersahut-sahutan dengan lantunan indah: qadōsh, qadōsh, qadōsh, YHWH Tsevaōth, Melo’ khol-ha’arets kevōdō! (kudus, kudus, kuduslah TUHAN semesta alam, seluruh bumi penuh kemuliaan-Nya).

Gereja merespon ini sebagai salah satu wujud penghormatan kepada Allah Trinitas, dimana aspek kekudusan itu menjadi aspek penting yang harus dimiliki setiap orang di hadapan-Nya.

Nabi Yesaya pun menyadari hal itu, sehingga ia berkata, “Celakalah aku! Aku binasa! Sebab aku ini seorang yang najis bibir, dan aku tinggal di tengah-tengah bangsa yang najis bibir”. Respon spontan ini didorong oleh kesadaran akan kehinaan dirinya karena dosa, dan itu dimulai dari hal sepeleh: “PERKATAAN”.

Tetapi, respon TUHAN adalah respon kasih. Ia Maha Pengampun, sehingga ia tetap berkenan kepada manusia dalam keadaan apapun.

Karena itu, kita jangan melihat kekudusan itu sebagai sebuah syarat, tetapi lihatlah itu sebagai sebuah proses. Dengan demikian, kenajisan kita tidak akan menghalangi kita untuk datang kepada Bapa, sebab anugerah Kristus dan persekutuan Roh Kudus telah melayakkan kita untuk menghampiri Bapa.

Pada saat yang sama, kelayakan itu bukan berarti kita mengabaikan kekudusan. Sebaliknya, karena kekudusan adalah proses, maka dalam upaya kita mendekat kepada TUHAN, hendaknya disertai dengan upaya menuju kekudusan hidup. Amin!

 

Refleksi:

  • Apa yang Anda lakukan untuk mengarahkan hidup Anda kepada kekudusan?

Penulis

author image
Redaksi

Redaksi GKRIDC.com adalah tim penulis yang bertanggung jawab melakukan penyuntingan naskah untuk website ini


ARTIKEL LAINNYA
POPULER MINGGU INI
DAPATKAN UPDATE

KATEGORI