GKRIDC.COM © 2019

Konser Etnik Batak:

Membangun Jemaat

1Korintus 12:7; 14:12


Penulis: Redaksi | pada 26 Juni 2019 05:00 | 261x dibaca | komentar

“Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama... Demikian pula dengan kamu: Kamu memang berusaha untuk memperoleh karunia-karunia Roh, tetapi lebih dari pada itu hendaklah kamu berusaha mempergunakannya untuk membangun Jemaat” (1Korintus 12:7; 14:12)

Karunia Roh tidak diberikan untuk memperkaya diri sendiri, melainkan untuk membangun jemaat. Artinya, setiap karunia Roh hendaknya dipergunakan untuk kepentingan bersama. Kita tidak boleh menganggap itu sebagai kekayaan diri kita sendiri, melainkan sebagai tanggung jawab kita untuk mendukung orang lain dalam suatu persekutuan.

Itulah sebabnya, jika kita memiliki karunia Roh dan tidak pernah menyalurkannya untuk pelayanan yang membangun jemaat, maka karunia yang kita miliki tidaklah ada artinya di hadapan Tuhan. Ia seperti talenta yang dikuburkan dalam tanah sambil menantikan kedatangan Kristus yang kedua kali. Tidak ada nilainya sama sekali, dan Tuhan akan mengambilnya, memberikan kepada orang-orang yang lebih bisa mempertanggungjawabkannya dengan maksimal.

Jadi, apapun karunia yang kita miliki saat ini, hargailah itu! Penghargaan terbaik kita atas setiap karunia yang Tuhan berikan kepada kita adalah bagaimana kita bisa memanfaatkannya untuk kepentingan yang lebih besar, yaitu membangun jemaat.

Hindarilah sikap yang menganggap diri kita begitu eksklusif dengan karunia apapun yang sudah kita terima. Sebaliknya, bersyukurlah untuk semuanya itu, sebab itu artinya Tuhan mempercayakan kita untuk ambil bagian dalam pelayanan bersama.

Setiap orang yang mau terlibat aktif dalam pelayanan bersama di ladang Tuhan adalah orang-orang yang mendapatkan kehormatan besar dari Dia, Sang Pemilik Gereja. Amin!

Refleksi:

  • Konsultasikan dengan hamba-hamba Tuhan mengenai karunia yang Anda miliki!
  • Manfaatkanlah karunia Anda untuk membangun jemaat!

Penulis

author image
Redaksi

Redaksi GKRIDC.com adalah tim penulis yang bertanggung jawab melakukan penyuntingan naskah untuk website ini


ARTIKEL LAINNYA
POPULER MINGGU INI
DAPATKAN UPDATE

KATEGORI