GKRIDC.COM © 2019

HUT GKRIDC:

Membangun Rumah Bersama


Penulis: Redaksi | pada 03 Januari 2020 05:48 | 301x dibaca | komentar

Sejak ditahbiskan menjadi jemaat lokal oleh Majelis Pusat Sinode GKRI pada 2010, GKRIDC belum memiliki tempat ibadah yang permanen. Tahun-tahun pertama, GKRIDC dipinjamkan ruko di kompleks Ruko Copylas (Ruko Maisonette) no. 5. Selanjutnya, GKRIDC mulai menyewa ruko di lokasi yang sama di no. 22, yang biaya sewanya terus naik setiap tahunnya. Kemudian, pada 2018, GKRIDC kembali dipinjamkan ruko selama lima tahun di no. 42 sampai dengan sekarang, dengan harapan setelah lima tahun, GKRIDC sudah bisa membeli tempat ibadah yang permanen.

Puji TUHAN, pada 2019, GKRIDC mendapatkan tawaran untuk membeli ruko yang berlokasi di Taman Alfa Indah. Ada dua unit ruko yang ditawarkan, sehingga diharapkan bisa dimanfaatkan untuk mewujudkan apa yang menjadi visi dan misi GKRIDC, terutama mengenai konsep “gereja publik” dan “rumah bersama”.

Visi Rumah Bersama

Visi ini sudah lama digagas oleh Gembala Sidang GKRIDC, yaitu bagaimana menjadikan gereja—sebagai rumah ibadah—terintegrasi dengan fungsi diakonia transformatifnya, dimana di dalamnya ada rumah singgah, rumah belajar, dan rumah penghiburan.

Rumah Singgah adalah rumah penampungan sementara bagi anak-anak atau orang dewasa yang membutuhkan tempat tinggal. Mereka akan diberi pembekalan dan pendampingan sebelum diserahkan ke panti-panti sosial yang bermitra dengan GKRIDC, misalnya ke panti asuhan bagi anak-anak atau panti jompo bagi yang lanjut usia.

Rumah Belajar adalah rumah pelatihan bagi anak-anak yang ingin mengembangkan potensi dalam dirinya, baik potensi akademik maupun keterampilan. Fokus utama tetaplah pada character building agar mereka siap menghadapi tantangan zaman. Pelatihan-pelatihan yang diberikan akan disesuaikan dengan kemampuan anak dan fokus pada minat sang anak.

Rumah Penghiburan adalah semacam rumah duka, tetapi lebih fokus pada pendampingan bagi keluarga-keluarga yang ditinggalkan. Konsep rumah penghiburan masih dalam tahap kajian lebih lanjut, mengingat ini membutuhkan kerja sama yang baik dengan warga sekitar.

Butuh Dukungan

Untuk mewujudkan visi Rumah Bersama tersebut, GKRIDC membutuhkan dukungan dari semua pihak, baik dukungan doa, tenaga maupun dukungan finansial.

Bagi Anda yang ingin mendukung visi Rumah Bersama ini, dapat menyalurkan donasinya ke rekening kami:

BCA:
625-025-6297
a.n. Ester J P or Indrayani

BRI:
0418-01-000729-56-8
a.n. GKRI Diaspora Copylas

Mohon untuk mengkonfirmasi setiap donasi via WhatsApp ke 0877-8903-8513 

Kami juga membuka layanan donasi online melalui KitaBisa.com, silakan klik linknya di https://kitabisa.com/campaign/rumahsinggahalfa

Terima kasih atas semua dukungan Anda [ ]

 

Penulis

author image
Redaksi

Redaksi GKRIDC.com adalah tim penulis yang bertanggung jawab melakukan penyuntingan naskah untuk website ini


ARTIKEL LAINNYA
POPULER MINGGU INI
DAPATKAN UPDATE

KATEGORI