GKRIDC.COM © 2019

Konser Etnik Batak:

Menguji Karunia Roh

1Korintus 12:1-3


Penulis: Redaksi | pada 24 Juni 2019 04:15 | 153x dibaca | komentar

“Sekarang tentang karunia-karunia Roh. Aku mau, saudara-saudara, supaya kamu mengetahui kebenarannya. Kamu tahu, bahwa pada waktu kamu masih belum mengenal Allah, kamu tanpa berpikir ditarik kepada berhala-berhala yang bisu. Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorangpun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata: "Terkutuklah Yesus!" dan tidak ada seorangpun, yang dapat mengaku: "Yesus adalah Tuhan", selain oleh Roh Kudus. ” (1Korintus 12:1-3)

Jemaat di Korintus adalah jemaat yang kaya akan karunia, tetapi banyak di antara jemaat tidak bisa membedakan mana karunia yang sungguh-sungguh berasal dari Allah, dan mana yang bukan.

Rasul Paulus menegaskan bahwa karunia yang berasal dari Allah dikerjakan oleh Roh Kudus di dalam diri setiap orang percaya. Karena itu, untuk menguji apakah karunia itu sejatinya dari Allah atau bukan, ukurannya hanya satu, yaitu siapa yang diberitakan melalui karunia itu.

Roh Kudus tidak akan mungkin mendorong seseorang untuk berkata, “Terkutuklah Yesus!”, sebab Tuhan Yesus sendiri berkata bahwa Roh Kudus akan memberitakan tentang diri-Nya dan memuliakan Dia (Yohanes 16:14). Jadi, selama karunia itu mengarahkan kita untuk percaya dan menerima bahwa Yesus adalah Tuhan, maka karunia itu berasal dari Roh Kudus.

Karena itu, berhati-hatilah juga terhadap orang-orang yang mengaku atau kelihatan punya karunia yang hebat, tetapi sebenarnya semakin menjauhkan Anda dari Kristus. Amin!

Refleksi:

  • Menurut Anda, karunia apakah yang ada dalam diri Anda?
  • Apakah Anda menggunakan karunia itu untuk memuliakan Kristus?

Penulis

author image
Redaksi

Redaksi GKRIDC.com adalah tim penulis yang bertanggung jawab melakukan penyuntingan naskah untuk website ini


ARTIKEL LAINNYA
POPULER MINGGU INI
DAPATKAN UPDATE

KATEGORI