GKRIDC.COM © 2019

Konser Etnik Batak:

Pekan Suci


Penulis: Yosi Rorimpandei | pada 13 April 2019 08:24 | 218x dibaca | komentar

Pekan Suci atau Hebdomas Sancta juga disebut “Pekan Agung” (Hebdomas Maior). Dalam bahasa Yunani, sebutan ini bahkan digabungkan: Hagia kai Megalē Hebdomas (Pekan Suci dan Agung). Pekan Suci adalah pekan sebelum Paska dan merupakan pekan terakhir dari Masa Prapaska dan Masa Sengsara. Dalam bahasa Indonesia digunakan istilah “pekan” agar tidak rancu dengan sebutan “minggu”, yang bisa berarti hari Minggu.

Pekan Suci diawali dengan Minggu Palem, yaitu peringatan ketika Yesus masuk ke Yerusalem, selanjutnya ada Rabu Suci atau di Barat disebut Spy Wednesday, Kamis Putih, Jumat Agung, dan Sabtu Suci (Sabbatum Sanctum atau Sabbatum Magnum). Pada malam menjelang Paska diadakan ibadah Malam Paska atau Vigil Paska, dimana biasanya sering diadakan baptisan atau pendewasaan jemaat. Vigil Paska diadakan di antara terbenamnya matahari di Sabtu Suci dan terbitnya matahari di Minggu Paska.

Tradisi Pekan Suci pertama kali ditemukan dalam Konstitusi Apostolik (Latin: Conctitutiones Apostolorum) (ayat 18 dan 19), sebuah teks kuno dari paruh terakhir abad ke-3 dan ke-4. Dalam teks tersebut disebutkan tentang tradisi pantangan daging selama Pekan Suci, sedangkan untuk hari Jumat dan Sabtu diadakan puasa penuh.

Beberapa teks kuno lain menyebutkan juga soal pantangan berbisnis selama tujuh hari sebelum dan tujuh hari setelah Paska, tetapi tradisi ini diragukan keasliannya. Dalam Codex Theodosianus disebutkan juga tentang penghentian aktivitas hukum selama 15 hari.

Tradisi yang tidak kalah penting adalah tradisi ziarah ke Yerusalem. Tradisi ini sudah dipraktikkan sejak abad ke-4 dan tercatat dalam tulisan Egerius yang disebut Ziarah Etheria atau Ziarah Egeria.

Baca juga:

Liturgi atau tata ibadah Pekan Suci di kalangan Gereja Katolik, Anglikan, Lutheran, Metodis dan Presbiterian pada masa sekarang hampir sama.

Penulis

author image
Pdt. Yosi Rorimpandei

Penulis adalah Pendeta di GKRIDC dan memiliki pengalaman dalam pelayanan dan pengajaran Kristen


ARTIKEL LAINNYA
POPULER MINGGU INI
DAPATKAN UPDATE

KATEGORI