GKRIDC.COM © 2019

Konser Etnik Batak:

Roh Kebenaran

Yohanes 16:10


Penulis: Redaksi | pada 14 Juni 2019 05:00 | 146x dibaca | komentar

“akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi” (Yoh. 16:10)

“Kebenaran” (dikaiosunē) yang dimaksud Yesus pada ayat ini adalah ajaran Kristus sendiri, sebab Kristus adalah “benar/ adil” (dikaios) (1Yohanes 2:1; 3:7). Kebenaran adalah lawan dari “dosa” (hamartia), maka setiap orang yang mau hidup dalam kebenaran, haruslah keluar dari dosa.

Sebagai murid-murid Kristus, maka kita haruslah senantiasa didorong untuk menyadarkan dunia ini akan kebenaran, yaitu mengingatkan tentang ajaran-ajaran Kristus, agar orang-orang mau hidup seperti Kristus (1Yohanes 2:6).

Seringkali, ketika kita berbicara tentang pemberitaan Injil, kita terjebak pada pemberitaan tentang “pribadi Yesus”, sehingga target yang dicapai tidak jauh dari penambahan “jumlah jiwa” yang mengaku percaya pada Kristus. Pendekatan seperti ini acapkali membuat kita mengabaikan kualitas hidup seseorang untuk menjadi bagian dari “murid-murid Kristus”, padahal Yesus menghendaki perubahan total, terutama perubahan dalam paradigma dan sikap hidup.

Amanat Kristus sangat jelas, “jadikanlah semua bangsa murid-Ku” dan “ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu” (Matius 28:19-20). Artinya, makna frasa “baptislah mereka” pada ayat 19, menekankan pada pertobatan total, bukan sekedar mengaku percaya.

Cara Roh Kudus memuliakan Kristus bukanlah dengan membuat orang-orang sekedar mengaku percaya pada-Nya, tetapi yang terutama adalah bagaimana setiap orang hidup menurut apa yang Ia ajarkan. Sebab, orang-orang yang hidup menurut ajaran Kristus akan lebih mudah percaya pada Kristus, daripada orang yang sekedar mengaku percaya untuk dapat melakukan ajaran-ajaran-Nya. Amin!

Refleksi:

  • Bagaimana Anda memahami “kebenaran” dalam kaitannya dengan ajaran-ajaran Kristus?
  • Menurut Anda, keuntungan seperti apa yang didapatkan jika seseorang melakukan ajaran Kristus dibanding sekedar mengaku percaya pada Kristus?

Penulis

author image
Redaksi

Redaksi GKRIDC.com adalah tim penulis yang bertanggung jawab melakukan penyuntingan naskah untuk website ini


ARTIKEL LAINNYA
POPULER MINGGU INI
DAPATKAN UPDATE

KATEGORI