GKRIDC.COM © 2019

Konser Etnik Batak:

Roh Yang Membebaskan

Yohanes 16:11


Penulis: Redaksi | pada 15 Juni 2019 05:00 | 369x dibaca | komentar

“akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum” (Yoh. 16:11)

“Penghakiman” (Yun: krisis) yang dimaksud pada ayat ini bukan berbicara tentang eskatologis atau sesuatu yang akan datang. Dalam Yohanes 12:31, Yesus mengatakan bahwa penghakiman itu berlangsung sekarang, dan pada ayat yang kita baca hari ini ditegaskan lagi bahwa penguasa dunia itu telah dihukum.

Kedatangan Kristus di dunia telah menandai awal penghakiman itu, dan penghakiman itu akan terus berlangsung, dimana kebenaran dipisahkan dari dosa, dan setiap dosa mendapatkan hukumannya. Setiap orang perlu menyadari ini. Artinya, jika orang-orang terus dikuasai oleh dosa, maka mereka akan mendapatkan hukumannya.

Lalu, apa peran kita sebagai orang-orang percaya yang digerakkan oleh Roh Kudus? Peran kita tidak saja mengingatkan secara pasif, apalagi sekedar berbicara soal hukuman atas dosa, tetapi kita harus bertindak secara aktif menyadarkan dunia ini untuk bisa terbebas dari hukuman itu.

Jadi, kehadiran kita adalah kehadiran yang membebaskan, bukan menakut-nakuti orang dengan hukuman. Dengan kata lain, gerakan kita haruslah gerakan yang proaktif menolong setiap orang agar terbebas dari hukuman itu.

Kita harus bisa mendorong orang-orang agar bisa menerima Kristus, terutama hidup menurut segala ajaran Kristus, serta keluar dari hal-hal yang mendorong mereka ke arah dosa, seperti kebodohan, kemiskinan, ketidakadilan, kemerosotan moral dan fanatisme sempit. Amin!

Refleksi:

  • Apa yang bisa Anda lakukan untuk menolong orang keluar dari hal-hal yang mendorongnya ke arah dosa?
  • Bagaimana Anda bisa membebaskan orang lain dari kebodohan, kemiskinan, ketidakadilan, kemerosotan moral atau fanatisme sempit?

Penulis

author image
Redaksi

Redaksi GKRIDC.com adalah tim penulis yang bertanggung jawab melakukan penyuntingan naskah untuk website ini


ARTIKEL LAINNYA
POPULER MINGGU INI
DAPATKAN UPDATE

KATEGORI