GKRIDC.COM © 2019

Konser Etnik Batak:

Roh Yang Memuliakan Kristus

Yohanes 16:14


Penulis: Redaksi | pada 11 Juni 2019 05:00 | 265x dibaca | komentar

“Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari Aku” (Yoh. 16:14)

Banyak orang di sekitar kita—bahkan mungkin termasuk kita sendiri—berbicara tentang kebenaran dan Alkitab. Namun, tak jarang kita menjadi bingung dengan begitu banyaknya ajaran yang ada, apalagi tidak sedikit ajaran yang saling bertentangan antara satu dengan yang lainnya.

Mengapa semua ini terjadi? Pertama, karena setiap orang memberitakan kebenaran berangkat dari pengetahuannya, baik pengetahuan teoritis (melalui ajaran yang ia diterima dari gurunya, pendetanya, gerejanya atau buku-buku yang ia baca) maupun pengetahuan empiris (melalui pengalaman hidupnya bersama Kristus).

Kedua, karena setiap orang kerap berhadapan dengan lingkungan sosial yang berbeda. Orang yang sering berhadapan dengan masyarakat terpinggirkan, punya cara tersendiri untuk berbicara dengan orang lain; Orang yang sering bergaul dengan pebisnis juga punya pendekatan berbeda ketika berbicara tentang kebenaran; begitu seterusnya.

Karena itu, kita pun perlu memahami karakter dan kebutuhan orang-orang di sekitar kita ketika kita memberitakan tentang Kristus. Ada banyak cara dan pendekatan yang bisa kita pakai, tetapi ukuran pertama dan utama pemberitaan yang digerakkan oleh Roh Kudus adalah jika kita memuliakan Kristus.

Jadi, selidikilah pemberitaan kita, apakah kita fokus pada Kristus atau jangan-jangan kita sedang memberitakan tentang diri kita, pengetahuan kita, tokoh idola kita, organisasi kita, gereja kita atau hal-hal lain di luar Kristus. Amin!

Refleksi:

  • Bagaimana Anda memuliakan Kristus dalam pemberitaan Anda?
  • Bagaimana cara Anda berusaha memahami karakter dan kebutuhan orang lain sebelum Anda memberitakan tentang Kristus?

Penulis

author image
Redaksi

Redaksi GKRIDC.com adalah tim penulis yang bertanggung jawab melakukan penyuntingan naskah untuk website ini


ARTIKEL LAINNYA
POPULER MINGGU INI
DAPATKAN UPDATE

KATEGORI