GKRIDC.COM © 2019

Konser Etnik Batak:

Roh Yang Menyingkapkan Dosa

Yohanes 16:9


Penulis: Redaksi | pada 13 Juni 2019 05:00 | 189x dibaca | komentar

“akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku” (Yoh. 16:9)

Rasul Paulus dalam Roma 3:23 menuliskan bahwa “semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah”. Jika demikian, maka itu artinya, kita pun termasuk di dalamnya, yaitu sebagai bagian dari orang-orang yang berbuat dosa.

Kesadaran ini penting kita miliki sebelum kita bergerak keluar untuk menyadarkan orang-orang akan dosa mereka. Itulah sebabnya, dalam renungan kemarin, kita diingatkan pentingnya gerakan “menginsafkan” yang berbasis pada kesadaran diri, bukan paksaan apalagi jebakan.

Tuhan Yesus sendiri mengingatkan kita, bahwa ukuran yang kita pakai untuk mengukur, akan diukurkan juga kepada kita (Matius 7:2). Karenanya, ketika kita dipanggil untuk menyingkapkan dosa orang lain, hendaknya kita fokus pada prinsip-prinsip kasih, dimana maksud dan tujuan kita bukanlah untuk mempermalukan atau menyingkapkan aib orang, melainkan menuntun dia pada kebenaran.

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah jadilah sahabat untuk membantu, bukan guru yang menggurui. Sahabat yang baik akan senantiasa menemani proses menuju kesadaran diri seseorang, serta menemaninya dalam proses belajar akan kebenaran. Jadi, hindarilah untuk menghakiminya, tetapi bantulah dia untuk keluar dari kesalahannya. Pahami hal-hal yang membuat ia jatuh, dan ingatlah dia kebaikan apa yang akan ia raih jika ia berhasil keluar dari semua kesalahannya.

Berilah apresiasi atas setiap perubahan positif dalam hidupnya, meskipun perubahan itu sangat kecil. Pada saat yang sama, belajarlah bersama-sama dengan dia bagaimana menuju kebaikan hidup di dalam Kristus. Amin!

Refleksi:

  • Apa yang akan Anda lakukan untuk bisa menjadi sahabat bagi seseorang untuk keluar dari dosanya?
  • Apresiasi seperti apa yang Anda berikan pada orang-orang yang berhasil maju selangkah dalam proses kembali kepada Kristus?

Penulis

author image
Redaksi

Redaksi GKRIDC.com adalah tim penulis yang bertanggung jawab melakukan penyuntingan naskah untuk website ini


ARTIKEL LAINNYA
POPULER MINGGU INI
DAPATKAN UPDATE

KATEGORI