GKRIDC.COM © 2019

Konser Etnik Batak:

Rupa-Rupa Karunia

1Korintus 12:4-6


Penulis: Redaksi | pada 25 Juni 2019 05:00 | 257x dibaca | komentar

“Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh.  Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan. Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang. ” (1Korintus 12:4-6)

Rasul Paulus kembali mengungkapkan formula Trinitas dalam kemajemukan praktik kerohanian, yaitu karunia, pelayanan dan perbuatan ajaib. Pengungkapan ini dimaksudkan untuk menjawab problem perpecahan di dalam tubuh jemaat Korintus, sebab ternyata masing-masing orang mulai arogan dengan karunia dan pelayanan yang ia geluti.

Pada masa sekarang, problem ini juga masih terasa di sekitar kita. Tidak sedikit jemaat atau gereja begitu membangga-banggakan bentuk pelayanannya, sehingga mengecilkan yang lain. Padahal, semuanya itu berasal dari satu Allah dan dikerjakan oleh satu Roh.

Jangan-jangan kita juga terlibat di dalamnya? Karena kita mengukur karunia dan pelayanan orang lain berdasarkan ukuran pengetahuan dan kebutuhan kita. Padahal, setiap orang memiliki pengetahuan dan kebutuhan yang berbeda.

Karenanya, Roh Kudus mengaruniakan berbagai-bagai karunia kepada tiap-tiap orang, sebab setiap orang dipanggil untuk menghadapi realita pelayanan yang berbeda-beda juga. Semuanya diperlengkapi berdasarkan tempat dimana Roh Kudus akan menuntun mereka sesuai panggilannya.

Jadi, tidak ada yang harus dibanggakan secara berlebihan, apalagi sampai mengecilkan orang lain. Setiap kita diperlengkapi oleh Roh yang sama untuk pelayanan yang berbeda-beda. Maka, lihatlah orang lain sebagai diri Anda di situasi, kondisi dan tempat yang berbeda. Mereka mengerjakan apa yang dipercayakan Tuhan kepada mereka, sama seperti kita mengerjakan apa yang Tuhan percayakan kepada kita. Amin!

Refleksi:

  • Bagaimana Anda memandang orang lain yang memiliki karunia yang berbeda dengan Anda?
  • Menurut Anda, bagaimana seharusnya kita memadukan kepelbagaian karunia yang ada dalam jemaat?

Penulis

author image
Redaksi

Redaksi GKRIDC.com adalah tim penulis yang bertanggung jawab melakukan penyuntingan naskah untuk website ini


ARTIKEL LAINNYA
POPULER MINGGU INI
DAPATKAN UPDATE

KATEGORI