GKRIDC.COM © 2019

Konser Etnik Batak:

Teologi

Jurnalis Italia: Paus Fransiskus Menyangkal Ketuhanan Yesus

Jurnalis Italia yang sering mewawancarai Paus mengatakan bahwa Paus menyangkal keilahian Yesus


11 Oktober 2019 04:07 | Redaksi | 414x dibaca | komentar

Seorang jurnalis ateis asal Italia, Eugenio Scalfari, mengklaim bahwa Paus Fransiskus tidak percaya jika Yesus Kristus adalah benar-benar Tuhan dan manusia.

Scalfari sendiri telah beberapa kali mewawancarai Paus, meskipun kemudian kantor pers Vatikan menganggap bahwa laporan sang jurnalis tidak bisa dipercaya.

Dalam surat kabar La Repubblica, Scalfari menuliskan bahwa ia memiliki beberapa kesempatan bertemu dengan Paus Fransiskus. Pada saat pertemuan itu, Paus menyatakan bahwa pada saat Yesus menjadi manusia, maka Ia bukanlah Tuhan. Ia adalah manusia sampai dengan kematian-Nya di kayu salib.

Sontak tulisan Scalfari itu mendapatkan beragam reaksi. Pembaca berita EWTN, Raymond Arroyo, menulis di akun Twitter-nya bahwa laporan Scalfari “sulit dipercaya”.

Reaksi lain datang dari Direktur Kantor Pers Tahta Suci, Matteo Bruni, yang mengatakan bahwa apa yang ditulis oleh Scalfari lebih kepada penafsiran pribadi dan bebas atas apa yang ia dengar.

Scalfari yang kini berusia 95 tahun adalah pendiri La Repubblica dan seorang fasis yang kemudian menjadi anggota legislatif Italia. Ia beberapa kali mendapat kesempatan mewawancarai Paus. Pada Maret 2018, ia mengklaim bahwa Paus mengatakan kepadanya bahwa neraka tidak ada.

Saat itu, Kantor Pers Vatikan langsung membantah pernyataan Scalfari, dan mengatakan bahwa Paus sangat percaya jika neraka itu ada. Scalfari sendiri melakukan wawancara tanpa menggunakan alat perekam atau mencatat selama proses wawancara. Menurut pengakuannya, ia merekonstruksi percakapan sesuai dengan ingatannya.