DC News:

SEBELUMNYA

INTERNASIONAL Belajar Alkitab di Taman, Dua Warga Dituntut Melakukan Penghujatan Agama di Pakistan

BERIKUTNYA

INTERNASIONAL Di Masa Prapaska, Kita Bisa Mengikuti Jalan Salib Virtual dari Tanah Suci Di Sini

Kardinal Robert Sarah
internasional

Paus Setujui Pengunduran Diri Kardinal Konservatif

Paus Fransiskus menerima pengunduran diri Kardinal Robert Sarah dari Guinea sebagai kepala departemen liturgi Vatikan. Kardinal Sarah dikenal sebagai pemikir konservatif yang dipandang sebagai penentang visi Paus untuk gereja.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada hari Sabtu (20/2/2021), Kantor Pers Tahta Suci mengumumkan bahwa Sarah mundur dari jabatannya, tetapi Vatikan tidak mengemukakan alasan pengunduran diri tersebut dan tidak juga mengumumkan nama penggantinya.

Kardinal Sarah sendiri sebenarnya sudah memasuki masa purna tugas  sesuai hukum gereja pada Juni tahun lalu, ketika ia berusia 75 tahun. Tetapi, para kardinal sering diizinkan untuk tetap berada di posisi mereka selama beberapa tahun lamanya, demikian The Wall Street Journal.

Tak lama setelah pengunduran dirinya, Sarah menuliskan cuitan di Twitternya, “Saya berada di tangan Tuhan, Satu-satunya batu karang adalah Kristus. Kami akan segera bertemu lagi di Roma dan di tempat lain”.

Dengan menerima pengunduran diri Sarah, maka sejumlah kalangan menilai bahwa Paus telah menyingkirkan pendukung liturgi Katolik yang tradisional. Sarah dianggap konservatif, dan dilihat punya peluang menjadi Paus di masa depan.

Ia ditunjuk oleh Paus Fransiskus pada 2014 sebagai prefek Kongregasi untuk Ibadah Ilahi dan Disiplin Sakramen. Namun, menurut catatan Journal, sang kardinal Afrika ini kerap punya pandangan-pandangan yang berbeda secara teologis dengan Paus, termasuk topik-topik seperti homoseksualitas dan hubungan gereja dengan dunia Muslim.

Tahun lalu, Sarah menimbulkan kontroversi ketika ia menulis buku dimana ia membela “kebutuhan” selibat dalam imamat Katolik. Rekan penulisnya, Paus Benediktus XVI, kemudian mengambil jarak dengannya dan meminta agar namanya dihapuskan dari buku itu. []

Bagaimana pandangan Anda tentang berita ini?

Bagikan berita ini kepada yang lain:

Tanggapan

Yang Terbaru:
Video Terbaru: